Pengertian Instagram dan Cara Menggunakannya

242 views

Alif Abianda Blog – “Hey!, follow akun Instagram aku ya!.” Mungkin ente para pembaca Alif Abianda Blog udah sering denger atau baca kalimat ini dimana-mana, gak di televisi, timeline Facebook, Twitter, atau bahkan denger sendiri secara langsung. Bai de wai, untuk sebagian anak hits pasti udah tau apa itu Instagram, tapi ternyata masih banyak loh orang yang belum tau apa itu Instagram, terutama orang yang baru pertama kali punya smartphone. Rasa penasaran pun semakin menjadi-jadi karena jaman sekarang mulai dari artis papan bawah atas , politisi, bahkan pedagang pun semakin intens menyerukan “cek di IG kita ya kakak”, dan ini membuat orang-orang yang belum tau pengertian Instagram pun semakin bingung, sebenernya Instagram itu benda apa sih, makhluk apa sih, dari planet mana sih?.

Buat ente yang sedang mencari pencerahan akan pengertian Instagram, silahkan pantengin artikel ini sampai habis karena akan gue ulas secara lengkap apa itu Instagram, pengertian Instagram, sejarah Instagram, cara menggunakan Instagram, serta manfaat yang bisa ente dapat dari Instagram. Cekidot!.

Sejarah Berdirinya Instagram

Sebelum membahas lebih jauh pengertian dan kegunaan Instagram, baiknya kita akan bahas terlebih dahulu sejarah awal mula berdirinya Instagram. Instagram berasal dari gabungan dua buah kata, Insta dan Gram, Insta sendiri merujuk pada kata Instan, sedangkan kata Gram berasal dari kata Telegram, bukan aplikasi Telegram loh ya, tapi telegram yang berupa mesin dimana pada jaman dulu digunakan untuk berkirim pesan atau informasi secara cepat.

Nah, kata Instan yang kemudian diubah menjadi Insta ini dikaitkan dengan kamera polaroid yang juga sering disebut foto instan. Mungkin inilah cikal bakal awal berdirinya Instagram menggunakan logo kamera polaroid, eits, ini cuma asumsi gue aja sih, tapi ada benernya kan?. Dari gabungan kedua kata tadi yaitu Insta dan Gram, maka terciptalah sebuah aplikasi yang saat ini dikenal sebagai Instagram.

Pengertian Instagram

Menurut WikipediaInstagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Instagram saat ini sudah dikembangkan untuk berbagai sistem operasi pada smartphone seperti Android, iOs, dan Windows Phone. Instagram juga bisa diakses kok tanpa menggunakan smartphone, ente bisa kunjungi situs resmi Instagram langsung di https://www.instagram.com melalui PC/Laptop ente. Tapi, fitur yang tersedia dibatasi dan tidak selengkap seperti yang bisa digunakan pada aplikasi Instagram.

Kelebihan Instagram adalah sebelum ente upload foto atau video ke Instagram, ente bisa lebih dulu mempercantik foto atau videonya menggunakan filter-filter yang disediakan, filter disini seperti efek-efek keren, ente juga bisa merubah kecerahan atau kontras foto, bisa juga memotong foto dan video, dan setelah ente upload, ente bisa share ke berbagai sosial media yang ente punya seperti Twitter atau Facebook. Nah, kalau ente kurang puas sama fitur-fitur dan efek standar bawaan aplikasi Instagram, ente bisa cek rekomendasi aplikasinya di Aplikasi Edit Foto dan Video Instagram Terbaik, ente bisa gunakan aplikasi tersebut di iPhone maupun Android.

Baca Juga  Cara Upload Foto Ke Instagram di Android & iPhone

Udah cukup jelas kan pengertian apa itu Instagram atau sering disingkat IG, kalau gitu mari simak kelanjutannya.

logo awal instagram

image from ep.yimg.com

Instagram Diakuisisi Facebook

9 April 2012 adalah titik dimana Instagram bakal menjadi aplikasi fotografi terpopuler di dunia saat ini. Kok bisa?, karena di tanggal itu pihak Instagram mengumumkan bahwa perusahaan mereka telah diakuisisi atau diambil alih oleh Facebook dengan nilai sekitar 1 miliar USD. Wow!, luar biasa bukan, Facebook tampaknya melihat masa depan yang cerah akan Instagram, dan saat ini sudah terbukti kan?. Dengan jutaan atau mungkin miliaran pengguna Facebook, tentu akan sangat mudah bagi Facebook untuk mempromosikan Instagram kepada para penggunanya.

Sampai saat ini, Instagram telah satu kali berganti logo tepatnya pada tanggal 11 Mei 2016. Mereka mengklaim logo baru Instagram tampak lebih hidup dan lebih sederhana, serta terinspirasi dari logo awal mereka, padahal banyak pengguna Instagram yang kurang suka sama logo baru ini, gue juga sih, menurut gue lebih keren logo awalnya, so classic.

Fungsi dan Kegunaan Instagram

Instagram pada dasarnya adalah satu jenis sosial media, dimana kita bisa berbagi sesuatu kepada rekan atau kepada orang lain. Nah, Instagram mengkhususkan diri pada bidang fotografi/foto dan juga video pendek dan fitur-fiturnya dapat digunakan secara maksimal melalui smartphone, jika Instagram diakses melalui browser di PC/Laptop, maka ente hanya bisa menggunakan sebagian fitur utama, seperti like, komentar, dan mengikuti akun orang lain.

apa itu instagram

image from www.adweek.com

Kelebihan Instagram dibanding sosial media berbagi foto lainnya adalah, ente bisa mengedit foto atau video sebelum di unggah ke Instagram, ente bisa menerapkan efek-efek filter pada foto seperti sepia, monochrome, pepetua, dan masih banyak lagi, ente juga bisa memotong foto atau video, menggabungkan beberapa foto menjadi satu, dan masih banyak lagi fitur unik di Instagram yang gak akan ente dapatkan di sosial media lainnya. Dengan menambahkan efek-efek keren tersebut, maka hasil postingan foto atau video di Instagram akan menjadi unik dan menarik.

Selain itu, saat ini Instagram gak cuma dipakai sebagai sarana berbagi foto para penggunanya, para pebisnis atau penjual pun mulai menggunakan Instagram sebagai sarana mempromosikan produk-produk mereka. Ente bakal dengan mudah menemukan berbagai barang seperti pakaian, aksesoris, produk kecantikan dan kesehatan, serta masih banyak lagi yang lainnya. Kalau ente adalah salah satu orang yang menjalankan bisnis online shop, ada baiknya ente harus mulai mencoba Instagram untuk memperluas target pasar ente.

Baca Juga  5 Fitur Tersembunyi Facebook Messenger

Cara Menggunakan Instagram

Sebelum ente mencoba mulai menggunakan Instagram, hal pertama yang harus ente lakukan adalah download aplikasi Instagram terlebih dahulu, kalau ente pengguna Android, silahkan cari di Google Playstore, sedangkan kalau ente pengguna iPhone, silahkan cari di Apps Store dengan keyword Instagram.

Nah, untuk cara yang lebih lengkap tentang cara menggunakan Instagram, silahkan ente baca juga artikel-artikel dibawah ini.

  1. Cara Upload Foto ke Instagram Lewat HP Android & iPhone.

Fitur-fitur Instagram

Seperti kebanyakan sosial media lainnya, Instagram tentu saja menawarkan berbagai fitur keren dan menarik yang bisa digunakan penggunanya untuk mempercantik hasil unggahan foto atau video. Aplikasi Instagram menyediakan berbagai filter efek untuk foto dan video, tools untuk memotong foto dan video, dan masih banyak fitur lainnya yang bisa ente coba. Selengkapnya silahkan simak dibawah.

1. Followers/Pengikut

Followers atau pengikut dalam istilah di Instagram adalah sesorang yang mengikuti akun Instagram ente. Jadi, ketika ente mengupload sebuah foto atau video, maka foto/video tersebut akan tampil di timeline Instagram mereka. Postingan tersebut bisa diberi like/suka, serta dapat dikomentari.

2. Following/Diikuti

Tentu pembaca Alif Abianda Blog sudah tau kalau arti dari Following/Diikuti adalah kebalikan dari Followers/Pengikut. Dimana jika ente sudah mengikuti akun seseorang, maka apapun yang mereka upload misalnya foto atau video, akan tampil di beranda/timeline Instagram ente, tentu saja ente bisa memberi komentar, dan memberi like/suka pada postingan tersebut.

3. Upload Foto

Di Instagram, ente bisa upload berbagai foto dan video sesuai keinginan, yah itung-itung sebagai backup kalau tiba-tiba memori handphone ente rusak dan bikin semua foto kenang-kenangan jadi hilang. Oiya, selain ente dapat mengupload foto yang sudah tersimpan dalam memori, ente juga bisa mengambil foto atau merekam video secara langsung dari aplikasi Instagram dan bisa langsung diupload.

4. Kamera

Kalau ente upload foto atau video ke Instagram, maka foto/video tersebut secara otomatis akan tersimpan kedalam memori smartphone ente, begitu juga kalau ente memfoto menggunakan aplikasi Instagram, hasil fotonya selain masuk ke akun Instagram, juga tersimpan kedalam memori handphone, entah fitur ini membuat jadi praktis atau malah bikin internal memori jadi boros, wkwkwk. Eh, tapi pengaturannya bisa dirubah kok.

5. Efek Foto dan Video

Ketika ente akan mengupload foto/video ke Instagram, maka sebelumnya ente akan ditawari berbagai pilihan efek filter keren yang bisa digunakan, bisa juga memotong foto/video, mengatur kecerahan, kontras, dll. Tapi, ente juga bisa mengabaikan fitur ini jika ente tidak ingin menggunakan efek-efek tersebut.

Baca Juga  10 Aplikasi Edit Video Instagram Terpopuler

6. Judul Foto/Video, Lokasi, Menandai Teman, dan Menambahkan Hashtag

Setelah ente menerapkan filter efek kedalam foto/video, selanjutnya ente bakal masuk kedalam sesi finishing. Disini, ente bisa memberi judul/caption, menambahkan lokasi, memberi hashtag sesuai tema foto yang di upload, bahkan menandai akun Instagram orang lain kedalam foto.

7. Instagram Stories

Instagram meluncurkan fitur baru yang diberi nama Instagram Stories pada pertengahan tahun 2016 lalu. Fitur baru ini cara kerjanya sangat mirip dengan SnapChat, entah ini namanya meniru atau bukan, yang jelas ini mirip. Nah, apa sih bedanya foto yang diupload dengan cara biasa dengan foto/video yang diupload ke Instagram Stories?. Bedanya terletak di penyimpanannya, jadi, kalau kita upload foto/video ke Instagram Stories, maka postingan tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam 24 jam, sebelum 24 jam foto/video itu gak akan bisa dihapus.

Peraturan Instagram

Dengan pengguna dari berbagai belahan dunia, Instagram tentu menerapkan beberapa kebijakan dan aturan yang harus ditaati oleh para penggunanya. Berbagai aturan seperti dilarang mengunggah foto/video yang mengandung unsur kekerasan, pornografi dan pornoaksi, atau bahkan menggunakan hasil karya orang lain yang tentu melanggar hak cipta. Apa ada konsekuensinya jika kita melanggar peraturan tersebut?. Tentu saja ada, mulai dari dihapusnya foto/video yang kita upload sampai dinonaktifkannya akun Instagram kita. So, be a smart Instagrammer ya!.

Nah, itu dia ulasan singkat dari gue tentang Instagram, jadi buat pembaca Alif Abianda Blog yang tadinya bingung sama apa itu instagram dan pengertiannya, dan bagaimana cara menggunakan Instagram, mudah-mudahan setelah membaca artikel ini jadi sedikit mendapat pencerahan ya. Bijak-bijak lah dalam bersosial media, karena jaman sekarang itu, “Jarimu, Harimaumu”, salam!.

Referensi:

Wikipedia/Instagram

Instagram Help Center

Tags: #Instagram

Leave a reply "Pengertian Instagram dan Cara Menggunakannya"

Author: 
author
Just an Indonesian blogger and he will rule the world!