10 Aplikasi Edit Video Instagram Terpopuler

362 views

Eksis di Instagram saat ini sudah menjadi keharusan dikalangan kawula muda, gak percaya?, coba deh cek sendiri di Instagram ente, ratusan atau bahkan ribuan foto dan video baru di upload setiap hari oleh orang-orang yang ente follow. Itu baru lingkup teman-teman dekat atau orang yang ente follow aja loh. Di lingkup yang lebih luas misalnya dalam satu negara, kebayang dong mungkin bisa hampir jutaan foto dan video baru di upload ke Instagram.

Di Instagram, kita gak cuma bisa upload foto aja kok, bisa juga upload video. Tapi kadang kesel gak sih, pas lagi ngerekam video, tiba-tiba ditengah adegan ada gangguan kaya suara berisik motor lewat, suara klakson telolet, mantan tiba-tiba lewat, atau kamera gak sengaja goyang gara-gara tangan pegel karena kelamaan megangin smartphone dan bikin video keren yang udah ente bikin susah payah dari awal jadi kacau balau.

cara edit video tanpa komputer

image by www.iab.com

Aplikasi Instagram sendiri sebenarnya udah menyediakan fitur dasar yang bisa digunakan buat edit video yang mau kita upload. Jadi, sebelum di upload ke Instagram, biasanya kita dikasih pilihan buat ngasih efek-efek pake filter yang disedian gitu. Sayangnya, fitur edit video bawaan Instagram ini cuma sebatas memotong video, menambah efek filter, dan memberi atau mengubah sampul video aja.

Nah, kalau pembaca Alif Abianda Blog pengen berkreasi lebih jauh lagi dalam mengedit video, seperti menambah teks atau tulisan pada video, menggabungkan beberapa video pendek jadi satu video, memberi efek percepat atau bisa juga memperlambat video (slow motion), ente perlu bantuan aplikasi edit foto tambahan, karena fitur-fitur yang gue sebutin barusan gak tersedia di editor bawaan Instagram. Dengan menambah efek-efek tersebut tentunya bakal mempercantik dan menjadikan video yang mau ente upload ke Instagram menjadi lebih menarik dan keren.

“Laptop/PC ku gak kuat Min buat install aplikasi edit video, apalagi kebanyakan aplikasi edit video yang bagus kan berbayar, jadi gimana dong solusinya?”.

Eits, jangan khawatir brother, gue punya solusi nya buat ente para pembaca Alif Abianda Blog yang spesifikasi PC/Laptop nya gak mumpuni buat menjalankan aplikasi edit video, atau bahkan bagi yang udah punya aplikasinya malah bingung gimana cara pakai nya. Ente bisa manfaatin smartphone yang biasa ente pake buat eksis di Instagram buat edit video-video yang mau ente posting.

rekomendasi aplikasi untuk edit video instagram yang bagus

image by www.iab.com

Aplikasi-aplikasi yang akan gue share dibawah ini bisa ente dapatkan secara gratis di Google Playstore buat ente pengguna smartphone android atau di Apple Appstore buat para pengguna iPhone. Adapun cara-cara mengedit video di smartphone dengan menggunakan aplikasi-aplikasi ini sangat gampang, karena tampilan antar muka yang simple, mudah dipahami sekalipun ente baru pertama kali nyobain. Selain itu, fitur-fitur yang ditawarkan pun sangat banyak dan wajib untuk ente cobain satu persatu.

Baca Juga  5 Fitur Tersembunyi Facebook Messenger

Aplikasi edit video untuk Instagram terbaik dan paling populer

1. VivaVideo: Editor Video Gratis

vivavideo android

image by play.google.com

Aplikasi yang satu ini cukup populer dikalangan pengguna Instagram, ini dikarenakan fitur-fiturnya yang cukup lengkap dan cara penggunaannya yang mudah. Ente gak percaya?, coba aja cek berapa total install aplikasi ini di Google Playstore, pasti sekitar 100 juta kali bro!. Dengan total install segitu banyaknya, sepertinya gak berlebihan kalo VivaVideo dinobatkan sebagai aplikasi edit video terbaik dan terpopuler. Oiya, aplikasi ini gak cuma tersedia di Google Playstrore, di Apple Appstore juga ada buat para pengguna iPhone.

Fitur utama VivaVideo

  1. Memotong dan menggabungkan beberapa video menjadi satu video.
  2. Tersedia berbagai macam efek video yang bisa digunakan untuk membuat video hasil editan ente menjadi lebih menarik.
  3. Menambahkan lagu, backsound, atau efek suara kedalam video.
  4. Mempercepat atau memperlambat video (slow motion).
  5. Menambahkan stiker atau teks.
  6. Membuat video dari kumpulan foto atau gambar serta dapat ditambahkan musik didalamnya.

Kelebihan aplikasi VivaVideo

  1. Semua efek untuk mempercantik video, efek transisi antar gambar, dan template untuk video dapat digunakan secara gratis.

Kekurangan VivaVideo

  1. Akan ada tanda air (watermark) dipojok bawah video bertuliskan “Made with VivaVideo” dan tidak bisa dihilangkan, untuk menghilangkan watermark ini, ente perlu menggunakan VivaVideo versi berbayar.
  2. Kualitas video yang dihasilkan tidak full HD, tetapi sudah cukup jernih jika dilihat, terlebih jika hanya untuk keperluan video Instagram.
  3. Panjang maksimal video yang dapat dibuat di VivaVideo hanya 5 menit, tapi gue rasa gak masalah kalau cuma untuk video yang akan di posting ke Instagram.

2. VideoShow: Video Editor & Maker

aplikasi untuk edit video di android

image by play.google.com

Aplikasi edit video di android dan iPhone yang kedua adalah VideoShow, aplikasi ini bisa menjadi salah satu alternatif buat ente yang pengen bikin video panjang, gak seperti VivaVideo yang membatasi pembuatan video hanya sepanjang 5 menit, aplikasi ini membebaskan penggunanya membuat video tanpa batas waktu bro!, mantab kan. Dari sisi tampilan sendiri sangat ringan dan cara penggunaan untuk mengedit video pun sangat mudah. Sekitar 50 juta aplikasi ini sudah diinstall melalui Google Playstore.

Fitur utama VideoShow

  1. Memotong dan menggabungkan video.
  2. Menambahkan teks, stiker, atau gambar gif, serta posisinya didalam video bisa diubah sesuka hati dan tanpa batasan waktu.
  3. Tersedia sekitar 30 filter video yang bagus dan unik.
  4. Menambahkan musik, lagu, atau bahkan rekaman suara.

Kelebihan aplikasi VideoShow

  1. Panjang durasi video hasil editan tanpa batas.
  2. Dapat mengubah suara video kedalam bentuk mp3.
  3. Kualitas video yang dihasilkan sangat bagus atau HD.
  4. Bisa juga digunakan sebagai aplikasi edit foto.
  5. Mengkompress video agar irit penggunaan memori.
  6. Hasil editan video yang dibuat tanpa ada watermark didalam video.
Baca Juga  Pengertian Instagram dan Cara Menggunakannya

Kekurangan aplikasi VideoShow

  1. Untuk menghasilkan video hasil editan dengan kualitas 4K, makan ente perlu menggunakan VideoSHow versi pro atau berbayar.
  2. Beberapa item-item eksklusif hanya dapat digunakan di versi pro.

3. InShot Editor Video & Foto

aplikasi edit video dan foto instagram tanpa crop

image by play.google.com

Kalau ente tipe orang yang suka bingung sama cara kerja aplikasi-aplikasi edit foto, atau memang gak suka ribet dan sukanya yang simpel-simpel aja, gue ngerekomendasiin InShot Editor Video & Foto buat ente cobain. Meskipun fitur yang disediakan aplikasi edit video ini gak selengkap punya VivaVideo dan VideoShow, tapi bukan berarti aplikasi ini jelek loh, bahkan aplikasi ini bisa membuat foto atau video yang ente posting ke Instagram tanpa crop alias tanpa dipotong, jadi full gitu, keren banget kan. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, simpel, ringan, pokoknya cocok deh buat ente para pembaca Alif Abianda Blog yang suka edit video tapi gak suka terlalu banyak efek dan filter.

Fitur utama InShot

  1. Memotong video.
  2. Menambahkan musik kedalam video.
  3. Memasukkan teks.

Kelebihan aplikasi InShot

  1. Hasil video yang diedit tanpa watermark.
  2. Dapat memutar video hinggan 90 derajat.
  3. Bisa membalik video.

Kekurangan aplikasi InShot

Dibandingkan dua aplikasi yang udah gue jabarin sebelumnya, fitur yang ditawarkan aplikasi ini tidak terlalu lengkap. Seperti tidak bisa mempercepat dan memperlambat video, dan tidak bisa menggabungkan beberapa video menjadi satu. Nah, aplikasi edit video ini cocok buat ente yang suka edit simpel gaya sederhana dan aplikasi yang ringan untuk smartphone.

4. Flipagram

aplikasi edit foto android dan iphone flipagram

image by play.google.com

Seperti namanya, aplikasi ini sepertinya dikhususkan untuk keperluan edit foto dan video Instagram. Ya, dengan aplikasi Flipagram ente bisa bikin gabungan banyak foto jadi video, jadi semacam kolase gitu, terus bisa ditambahin musik atau lagu juga supaya lebih mendukung isi video yang ente buat, bisa juga ditambahkan filter-filter menarik yang disediakan. Kelebihan aplikasi ini, ente bisa pakai foto-foto yang udah pernah diupload ke akun Facebook atau Instagram ente buat jadi bahan bikin video, jadi gak perlu lagi kebingungan cari koleksi foto lama. Untuk kekurangannya sendiri, ente perlu pakai Flipagram versi pro untuk bisa menghilangkan watermark dari hasil video.

5. Magisto Video Editor & Maker

magisto video editor for android and iPhone

image by play.google.com

Aplikasi edit video yang satu ini masuk dalam daftar Best Android Apps 2015 dan CES best app of the year. Fitur yang dimiliki Magisto terbilang cukup lengkap, bahkan terdapat juga fitur bisnis yang bisa digunakan untuk menunjang keperluan bisnis ente. Untuk cara penggunaannya sendiri terbilang cukup mudah dimengerti, dengan berbagai filter efek yang unik dan menarik, tentunya bakal membuat hasil editan video untuk Instagram kamu makin kece.

Selain 5 aplikasi edit untuk video Instagram yang udah gue jabarin fiturnya diatas satu persatu, masih ada 5 aplikasi edit video terbaik yang gak kalah keren dan wajib ente coba. Fitur-fitur yang ditawarkan juga gak terlalu beda jauh kok, yang pasti bisa memotong video, menggabungkan video, membuat kumpulan foto menjadi video, menambahkan musik/backsound kedalam video, menambah filter efek, dan masih banyak lagi fitur-fitur keren lainnya. Berikut 5 aplikasi edit video untuk android dan iPhone lainnya yang bisa pembaca coba untuk mengedit video untuk keperluan Instagram.

Baca Juga  Cara Upload Foto Ke Instagram di Android & iPhone

6. AndroVid – Video Editor

androvid android video editor

image by play.google.com

7. Video Maker Movie Editor

video movie maker editor

image by play.google.com

8. Kine Master – Pro Editor Video

kinemaster video pro

image by play.google.com

9. Video Editor

video editor android

image by play.google.com

10. FX Guru: Movie FX Director

aplikasi edit video android fx guru

image by play.google.com

Nah, itu dia beberapa daftar rekomendasi aplikasi untuk edit video Instagram yang bisa pembaca Alif Abianda Blog gunakan untuk membuat video-video yang mau di upload ke Instagram menjadi lebih menarik, keren, dan unik. Oiya, hasil editan video ente gak cuma bisa di upload ke Instagram aja kok, bisa juga ke Facebook, Twitter, Path, dan ke media sosial lainnya. Jadi, aplikasi diatas juga sangat berguna buat ente yang suka berkreasi dalam mengedit video tanpa PC/laptop, karena semua aplikasi tersebut tersedia buat pengguna android maupun iPhone, cocok deh buat ente yang spesifikasi PC/laptop nya kurang mumpuni buat menjalankan aplikasi edit video.

Kalau pembaca Alif Abianda Blog bingung mau pakai aplikasi yang mana, gue ngerekomendasiin VivaVideo atau Video Show buat ente yang pengen memanfaatkan fitur-fitur keren, supaya hasil video editan ente menjadi lebih maksimal, karena dua aplikasi tersebut punya fitur yang cukup lengkap untuk keperluan edit video di smartphone, atau kalau ente gak suka ribet dalam mengedit video atau lebih ke gak ngerti cara gunain aplikasi edit video (hehe becanda), gue ngerekomendasiin Inshot, selain karena aplikasi nya mudah digunakan, InShot juga ringan dijalankan sekalipun ente punya smartphone dengan spesifikasi rendah, selain itu juga, dengan InShot ente bisa posting ke Instagram tanpa memotong foto atau video.

Sekian dulu perjumpaan kita hari ini, semoga daftar rekomendasi gue diatas bisa menjadi solusi permasalahan ente para pembaca yang bingung cari aplikasi untuk edit video lewat smartphone, selamat pagi!.

Tags: #Edit Video #Instagram

Leave a reply "10 Aplikasi Edit Video Instagram Terpopuler"

Author: 
author
Just an Indonesian blogger and he will rule the world!