Bermain Game Online, Pahami Dampak Positif dan Negatifnya!

162 views

Alif Abianda Blog – Sebagian besar dari kita semua pasti gemar dan hobi bermain game online. Mengingat semakin berkembangnya teknologi, maka semakin pesat pula pertumbuhan game online di pasar global. Kegiatan yang seringkali dilakukan oleh anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa sekarang ini juga gemar bermain game online. Dengan bermain game maka akan menghilangkan rasa bosan ketika penat melakukan suatu pekerjaan atau ketika menunggu.

dampak positif dan negatif dari game online

image by www.alltechprime.com

Dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi, maka tidak jarang juga orang–orang yang mendownload game online tersebut melalui komputer atau laptop nya. Karena game ini merupakan game online, maka game ini bisa dimainkan jika ada koneksi internet. Game online banyak digemari sebab mudahnya mereka mengakses game ini.

Game online yang paling mudah dan yang paling sulit juga mudah untuk kamu dapatkan. Kamu bisa menjumpai game online di warung internet yang khusus menyediakan game online. Terlalu seringnya bermain game tentunya kita juga akan mendapatkan dampak baik positif atau juga negatif. Sebelum membahas dampak positif dari game online, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu dampak negatifnya.

Dampak Negatif Game Online

Setiap hal pasti ada positif dan juga ada negatifnya. Begitu juga dengan game online. Berikut adalah beberapa dampak negatif yang diakibatkan oleh game online.

Baca Juga  5 Game PC Online Terbaru di 2017

1. Susah Konsentrasi

Untuk anak-anak yang kecanduan akan game online, maka ia akan susah untuk berkonsentrasi pada pelajaran. Hal ini disebabkan karena pikirannya hanya tertuju pada game dan ingin segera menyelesaikan game tersebut dan bermain game bersama kawan-kawannya. Tentu saja hal ini memberikan dampak buruk kepada anak tersebut. Tentu saja kecanduan game ini bervariasi tahapannya. Apabila anak kurang perhatian dari orang tua, maka akan dengan mudah sang anak untuk masuk dunia gamer dan lupa waktu.

2. Kurang Sosialisasi

Seorang anak yang mengalami kecanduan akan game online, maka membuat anak tersebut tidak banyak melakukan kegiatan-kegiatan lainnya agar ia tidak tertinggal oleh teman nya. Dengan demikian maka akan lebih menyita waktu didepan game yang menjadi favoritnya. Akibat yang ditimbulkan adalah tidak adanya minat untuk bermain dengan teman-teman dan lebih suka menyendiri bermain game online. Sehingga ia kurang bisa bersosialisasi dengan orang lain.

3. Lupa Semua Hal

Seseorang yang sudah kecanduan game online, Ia akan melupakan segala hal. Mulai dari makan bahkan tidur. Ia akan lupa waktu karena seringnya ia bermain game. Dengan terus menaikkan level game nya ia menjadi lupa akan semuanya. Hal ini akan berdampak buruk baik untuk kesehatan tubuh maupun mentalnya.

Baca Juga  5 Game Online Ringan Untuk Android

Dampak Positif Game Online

Tentunya jika ada dampak negatif, ada juga dampak positifnya. Untuk itu simak dampak positif dari game online.

1. Kemampuan berkembang

Penelitian mengatakan bahwa seseorang yang sudah tahu strategi dari game online akan bisa meningkatkan kemampuan matematika, pemecahan masalah, dan membaca berkembang, terutama jika bahasa yang digunakan bahasa Inggris.

2. Mengalihkan Perhatian

Dengan bermain game online, seseorang yang sedang melakukan perawatan seperti kemoterapi rasa sakit yang dirasa akan dapat dialihkan dan bisa menurunkan tensi darah. Apabila mengalami cedera tangan, dengan bermain game online akan melancarkan tangan supaya bisa kembali lincah bergerak.

3. Lebih Konsentrasi

Dalam dunia game, pasti menemukan hal-hal baru. Dengan demikian maka orang akan secara otomatis mengkondisikan dirinya supaya bisa mengetahui bagaimana keadaan di sekitar. Selain itu beberapa dari game online juga membutuhkan konsentrasi. Dengan demikian maka seseorang akan bisa berkonsentrasi pada suatu hal yang menurutnya menarik. Dengan bermain game selama 20 menit sebelum belajar, maka akan bisa lebih konsentrasi belajar.

Untuk kamu yang ingin berhenti kecanduan game online. Maka kamu harus melakukan aktivitas yang padat sehingga lupa dengan game online dan jika anak-anak, maka perhatian orang tua sangat diperlukan. Jika anak terlalu sering bermain game sebaiknya orang tua melarang dan mengalihkan ke kegiatan yang lebih bermanfaat.

Baca Juga  5 Tips Cara Hemat Memori Internal Smartphone

Well, semua kembali ke dari sudut pandang yang bagaimana kita melihat sesuatu hal, segala sesuatu pasti punya dampak positif dan juga dampak negatif,  itulah sedikit ulasan mengenai dampak game online. Semoga dapat memberi informasi yang berguna untuk para pembaca.

Tags: #Game Online

Leave a reply "Bermain Game Online, Pahami Dampak Positif dan Negatifnya!"

Author: 
author
Just an Indonesian blogger and he will rule the world!