Touchscreen Android Macet dan Error?, Coba 7 Cara Ini

170 views

Layar adalah bagian paling vital dari sebuah smartphone, gimana nggak, kebanyakan smartphone sekarang hampir 70℅ bagiannya adalah layar. Hal ini mengacu pada digunakannya teknologi touchscreen sebagai pengganti keyboard fisik pada smartphone.

Nah, karena bagian layar ini adalah bagian yang paling dan sangat sering disentuh, tentu terkadang bisa aja layar touchscreen kita tiba-tiba hang atau macet dan tidak bisa bergerak alias tidak merespon saat disentuh. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab layar touchscreen menjadi error atau kurang sensitif. Yang pertama bisa karena layar kotor karena ada debu atau kotoran yang menempel, bisa juga karena terkena cipratan air, atau mungkin tangan kita sendiri yang agak basah saat mencoba memakai smartphone, atau mungkin habis terjatuh, dan masih banyak banget faktor lain yang bisa bikin layar touchscreen smartphone ente gak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

cara memperbaiki touchscreen tidak berfungsi

image by sharein.org

Kalau udah begini, biasanya kita bakal panik dan langsung bawa smartphone kita ke dokter spesialis tukang service handphone buat diperbaiki, padahal ada loh beberapa tips cara mengatasi layar touchscreen yang macet atau error dan tentu saja bisa ente coba sendiri dirumah. Kan lumayan kalau seandainya berhasil, uang yang tadinya mau dipakai buat benerin di tukang service jadi bisa terpakai buat yang lain kan, hehehe.

Berikut 7 tips cara memperbaiki layar touchscreen yang macet, error, dan kurang sensitif yang bisa pembaca Alif Abianda Blog coba dirumah, cheqidhot!.

Tips cara mengatasi layar touchscreen yang bermasalah

1. Lepas baterai

Matikan smartphone ente, lalu coba lepaskan baterainya, kemudian jangan langsung dipasang lagi, biarkan sekitar barangkali 1 atau 2 jam, setelah itu coba masukkan kembali baterai lalu hidupkan. Oiya, buat ente yang tipe smartphone nya pakai baterai tanam atau non-removable, bisa melewatkan cara yang ini.

Baca Juga  Rekomendasi Smartphone Android Harga 2 Jutaan

2. Bersihkan seluruh bagian layar

Cara yang satu ini gak ada salahnya buat dicoba, sepele memang, tapi biasanya kalau touchscreen macet atau hang itu karena permukaan layar yang kasar karena kotoran atau debu. Ente bisa coba bersihin layar touchscreen nya pakai minyak kayu putih atau alkohol yang diteteskan ke layar, lalu bersihkan dengan cara diusap menggunakan kain yang lembut atau bisa juga menggunakan tisu wajah. Tips yang satu ini bisa dicoba sembari melakukan cara yang pertama kan.

3. Lepaskan SD card

Coba lepaskan memory card yang terpasang di smartphone. Kadang, terdapat beberapa virus yang membuat kinerja ponsel menjadi berat, hal ini secara tidak langsung akan berdampak pada pergerakan navigasi layar yang membuat kesan touchscreen menjadi kurang sensitif atau bahkan hang tidak mau digerakkan. Nah, jika setelah memory card dilepas dan pergerakan touchscreen kembali normal, maka sudah jelas kan penyebab macetnya touchscreen adalah memory card yang error atau terkena virus.

4. Kalibrasi ulang touchscreen

Jika 3 cara diatas belum berhasil, mungkin saatnya ente mengkalibrasi ulang pengaturan touchscreen. Sekedar info buat yang belum tau nih, kalibrasi itu maksudnya adalah mengatur ulang suatu sistem agar bisa sesuai dengan kehendak pengguna. Bahasa awamnya kita bisa merubah pengaturan touchscreen sesuai yang kita mau, salah satu contohnya adalah tingkat sensitifnya. Untuk cara kalibrasinya, setiap ponsel memiliki cara-cara tersendiri.

Nah, biasanya cara kalibrasi touchscreen android adalah dengan masuk ke setting, lalu pilih kembali ke pengaturan pabrik, tunggu sebentar, smartphone akan merestart dan biasanya ente bakal diminta kalibrasi ulang touchscreen. Eits, sebelum coba cara yang ini, ada baiknya ente membackup dulu data-data penting di smartphone ente ya, seperti kontak telepon, dan lain-lain. Karena dengan cara ini, smartphone ente bakal disetel ulang seperti baru lagi, dan yang pasti data-data yang ada bakal hilang, karena itu backup dulu datanya.

Baca Juga  5 Tips Cara Maksimalkan Google Chrome di Android

5. Lepaskan SIM card

Mungkin cara yang satu ini kelihatannya gak ada hubungannya sama touchscreen yang macet, tapi dalam beberapa kasus sim card juga pengaruh sama kinerja ponsel loh. Coba matikan ponsel, lalu lepas simcard dari smartphone ente, kemudian coba hidupkan lagi, kalau touchscreen normal berarti kemungkinan ada kesalahan sistem yang bikin kerja smartphone jadi berat. Solusinya coba tukar posisi antar slot 1 dan 2, jika smartphone ente cuma ada 1 slot, cukup lepas, lalu pasang kembali.

6. Upgrade sistem operasi

5 tips cara mengatasi touchscreen yang macet diatas adalah dari sisi hardware atau perangkat keras smartphone. Kalau cara-cara diatas sudah ente coba tapi touchscreen smartphone ente masih belum normal, mungkin ada baiknya kita coba dari sisi software atau perangkat lunaknya. Android secara berkala melakukan upgrade atau pembaharuan terhadap sistem perangkat lunaknya. Nah, bisa jadi smartphone android ente perlu di perbaharui sistemnya, kalau tidak ada masalah pada hardware, mudah-mudahan cara ini bisa membuat touchscreen android ente jadi normal kembali.

Untuk cara memperbaruinya, biasanya menu untuk pembaruan terdapat pada setting, lalu cari menu perbarui perangkat, tunggu beberapa saat ketika sedang mengunduh sistem operasi yang baru, lalu smartphone akan merestart dan hidup kembali dengan sistem yang baru.

Baca Juga  Pengguna Android Wajib Tau Kode Rahasia Ini

7. Ganti touchscreen

Kalau dari sisi software dan hardware sudah ente coba, namun touchscreen smartphone ente masih tetap macet-macet, kurang sensitif, atau bahkan sampai hang tidak bisa bergerak. Mungkin ini udah saatnya buat ganti touchscreen smartphone ente dengan yang baru. Bisa jadi, karena masa pakai yang sudah terlalu lama menyebabkan kerusakan pada komponen-komponennya. Untuk harganya sendiri tergantung kepada merek dan kualitas touchscreen nya yah, tapi gue lebih nyaranin ganti pakai sparepart originalnya, selain aman dan terjamin kualitasnya, tentu saja touchscreen original punya banyak kelebihan dan keunggulan.

Itu dia beberapa tips cara mengatasi touchscreen android yang kurang sensitif yang bisa pembaca Alif Abianda Blog coba sendiri dirumah. Tips-tips diatas adalah berdasarkan pengalaman penulis dan beberapa rekan-rekan. Jadi, kalau pembaca ragu, sebaiknya smartphone ente dibawa ke ahlinya supaya dapat ditangani dan diperbaiki dengan benar. Sekian, sampai jumpa dilain kesempatan!.

Tags: #Tips Android #Touchscreen

Leave a reply "Touchscreen Android Macet dan Error?, Coba 7 Cara Ini"

Author: 
author
Just an Indonesian blogger and he will rule the world!