6 Game Edukatif Untuk Anak Balita

282 views

Alif Abianda Blog – Masa anak-anak memanglah suatu masa yang penuh dengan berbagai macam permainan yang menyenangkan, pada umumnya anak-anak akan selalu mencoba hal-hal yang terbilang baru bagi mereka meskipun resiko-resiko yang didapatkan terkadang juga bukan merupakan suatu hal yang dapat dianggap sepele. Di sini peran dari orang tua merupakan hal yang sangat penting untuk bisa membantu perkembangan sang anak secara optimal.

game edukatif untuk anak balita

image by klikbontang.com

Di zaman yang serba modern sekarang ini dengan setiap teknologi canggih tidak jarang kita menemukan orang tua atau kakak atau juga saudara yang selalu memberi adiknya yang masih terbilang balita dengan sebuah gadget. Padahal setiap orang juga mengetahui bahwa setiap permainan yang ada pada gadget yang sebagian besar seringkali dimainkan oleh orang tua atau kakak atau saudara kita tidak lepas dari hal-hal yang berbau kekerasan, action, dan yang lain sebagainya. Hal ini tentu akan menimbulkan efek yang buruk untuk perkembangan emosi anak nantinya. Untuk itu pengawasan khusus perlu diberikan jika anak balita bermain game.

Namun sekarang ini orang tua tidak perlu khawatir lagi, sebab sekarang juga sudah banyak game edukatif yang disediakan oleh perangkat smartphone yang dikhususkan untuk anak-anak usia balita atau usia sekolah dasar. Tentunya game tersebut dapat dengan mudah di download dan gratis, selain itu juga membuat anak jadi lebih senang, dan dapat dijadikan media belajar untuk anak, sehingga ia bisa belajar sambil bermain dan juga menyenangkan. Untuk orang tua yang ingin membantu sang anak agar bisa belajar sambil bermain dan tentunya menyenangkan, berikut adalah beberapa contoh aplikasi game edukasi yang dapat di download untuk gadget Anda:

Baca Juga  26 Game Petualangan Terbaik di Android

6 Game Edukatif Untuk Anak-anak Balita

1. Game Fruits And Vegetables For Kids

game mengenal sayur dan buah untuk anak

image by play.google.com

Game ini mengajarkan pada anak mengenal buah, sayur, fenomena alam, season, dan lainnya dengan menggunakan gambar yang indah dan menarik. Sehingga anak akan dapat mengetahui banyak hal.

2. Sweet Baby Clean Up 4

game android latihan bersih-bersih untuk anak

image by play.google.com

Dengan game ini dapat mendorong anak untuk mencintai kebersihan dengan membersihkan rumah, membuang sampah, membersihkan kamar mandi, membersihkan kandang hewan, membersihkan makanan di kulkas yang sudah tidak dapat dikonsumsi, dan lainnya. Dengan demikian maka secara tidak langsung juga mengajarkan anak menjaga kebersihan dan pentingnya kebersihan. Bukan hanya itu saja, game ini juga menyediakan permainan prosotan, naik kuda, masak-masakan, dan lainnya.

3. Game Belajar Mewarnai Untuk Anak

game android belajar mewarnai untuk balita

image by play.google.com

Game ini sangat bagus untuk digunakan mengasah keterampilan sang anak dan melatih daya imajinasi dan juga konsentrasinya. Game ini membantu meningkatkan imajinasi anak dengan anak mewarnai suatu objek yang sebelumnya diamati dan juga bagus agar bisa merangsang motorik anak.

Baca Juga  Ada Fitur Rahasia Android Nougat, Benarkah?

4. Game Kids Educational: All In One

game pendidikan lengkap untuk anak anak di android

image by play.google.com

Game ini mengajarkan anak supaya bisa mengenal benda dan juga hal dasar yang ada di sekitar, misalnya mengenal angka, huruf, bentuk, warna, hewan, buah, dan lainnya. Game ini sudah dilengkapi dengan permainan matematika, sehingga dapat digunakan untuk belajar anak.

5. Game ABC Pre School Play Ground Free

game android untuk anak pra sekolah

image by play.google.com

Game ini mengajarkan anak agar bisa menulis huruf atau angka. Anak dapat mencoret – coret menggunakan jari mereka dengan sesuka hati, mereka juga dapat memilih warna krayon kesukaan mereka, menghapus, dan juga memulai dari awal lagi. Game ini dilengkapi dengan titik penghubung di setiap huruf atau angka yang ada, sehingga lebih memudahkan anak untuk belajar. Karena di sini anak hanya perlu mengikuti titik penghubung supaya bisa membentuk sebuah huruf atau angka.

6. Game Belajar Hijaiyah

game mengenal huruf hijaiyah di android

image by play.google.com

Aplikasi game yang satu ini dapat digunakan untuk membantu anak belajar mengenal huruf hijaiyah. Setiap huruf hijaiyah sudah dilengkapi dengan suara, sehingga anak balita akan belajar dengan cara mendengarkan bagaimana cara pengucapannya. Game ini dilengkapi dengan animasi yang menarik, sehingga mereka belajar dengan nyaman dan juga menyenangkan.

Baca Juga  Pengguna Android Wajib Tau Kode Rahasia Ini

Tentunya jika menggunakan gadget, anak-anak juga harus tetap didampingi orang tua. Walaupun permainannya sudah khusus untuk anak. Hal ini berguna untuk menghindari efek buruk yang diberikan oleh gadget. Demikian sedikit ulasan mengenai game edukatif untuk anak balita. Semoga dapat bermanfaat.

Tags: #Game Android #Game Untuk Anak

Leave a reply "6 Game Edukatif Untuk Anak Balita"

Author: 
author
Just an Indonesian blogger and he will rule the world!