Pengguna Android Wajib Tau Kode Rahasia Ini

162 views

Segala sesuatu pasti menyimpan rahasia, para pembaca sekalian pasti juga punya rahasia kan?. Tapi tenang aja, gue gak akan kepo kok, hahaha. Pada kesempatan ini gue mau bahas tentang rahasia, bukan rahasia seseorang, tapi rahasia benda yang saat ini bahkan pembaca pegang buat baca artikel ini. Ya, rahasia smartphone!, emangnya smartphone juga bisa punya rahasia ya?, entah ini bisa disebut rahasia atau enggak. Masalahnya kalo pembaca semua udah tau informasi ini, bukan rahasia lagi dong namanya, hahaha (terus apa gunanya artikel ini).

kode rahasia android

image by www.technolly.com

Nah, ‘rahasia-rahasia’ yang ada di smartphone ini bisa diakses dengan menekan kombinasi kode tertentu, misal seperti kombinasi angka dan tanda pagar atau bintang yang tepat, ente bisa lihat dan cek kondisi touchsreen, hardware test atau cek fungsi hardware, bisa cek kejernihan kamera, bisa juga buat cek keaslian smartphone android yang pembaca pake loh!. Kalau gue lihat sebenernya ini bukan rahasia ya, ini seperti semacam kode-kode khusus yang dipake teknisi kalau mau cek kondisi smartphone yang mau diservis, apakah ada kerusakan atau enggak bisa dilihat dari hasil tes menggunakan kode-kode tersebut. Tapi bisa juga pembaca manfaatkan kalau lagi beli smartphone kondisi second atau bekas loh, jadi ente gak bakal takut ketipu gitu, karena dengan kode-kode yang bakal gue share dibawah, pembaca bisa tau kualitas smartphone yang ente beli.

Baca Juga  4 Game Simulasi Android Terbaik

Berikut kode rahasia android yang pembaca semua wajib tau. Oiya, kode-kode dibawah ini terkadang tidak direspon beberapa merek android tertentu karena biasanya mereka punya kode khusus tersendiri. Jadi yang gue share dibawah adalah kode umum yang biasa dipakai untuk smartphone android ya, nanti kalau ada update terbaru akan gue tambah dibawahnya, atau kalau pembaca tau kode selain yang gue share dibawah, bisa dicoret-coret di kolom komentar dibawah ya.

Daftar kode rahasia HP android

1. *#0*#

Nah, kode yang pertama diatas biasanya work di smartphone android merek Samsung, itupun cuma beberapa tipe, tapi secara umum bisa. Kalau untuk android merek lain gue belum coba, untuk di merek Xiaomi udah gue coba ternyata engga bisa, hehehe. Soalnya untuk merek Xiaomi ada kode tersendiri untuk cek hardwarenya.

kode rahasia samsung

image by www.naldotech.com

Nah, kode diatas fungsinya untuk cek hardware, seperti tes layar, tes fungsi touchscreen apakah ada yang macet atau enggak, tes speaker utama, speaker untuk telepon, tes kamera depan dan belakang, tes tombol-tombol navigasi, tes getar, dan masih banyak lagi yang lain.

2. *#06#

Kalau kode yang kedua ini kayanya bisa dicoba disemua merek handphone deh, mau merek tercanggih sampai handphone jadul bisa pakai kode ini. Kode ini fungsinya untuk cek nomor IMEI handphone kalian, buat yang belum tau apa itu IMEI akan gue kasih tau singkatnya aja ya. Jadi, IMEI itu ibarat nomor registrasi atau nomor identitas handphone/smartphone.

kode cek imei

doc pribadi

Emangnya penting ya kode ini?, jelas kode ini vital banget fungsinya. Kalau handphone/smartphone kalian kehilangan kode IMEI ini, itu ibarat sayur tanpa garam, sepeda tanpai rantai, aku tanpa kamu. Ngerti kan, jadi gak ada gunanya gitu, smartphone ente bakal gak akan muncul sinyal nya, dan kalau handphone kehilangan fungsi utama yaitu gak bisa telpon dan sms, maka ya percuma aja. Nah, buat ente yang suka beli handphone/smartphone bekas, usahakan yang pertama kali di cek adalah ada sinyalnya atau enggak.

Baca Juga  6 Game Online Android Terpopuler

3. *#*#4636#*#*

hardware test android

doc pribadi

Kalau kode yang satu ini biasanya bisa dipakai untuk cek jaringan, cek sinyal, cek status wifi, cek informasi baterai, statistik penggunaan data, pokoknya informasi-informasi umum seputar statistik smartphone gitu.

4. *#*#3646633#*#

Kode rahasia selanjutnya ini fungsinya sama kaya kode yang ketiga, fungsinya untuk melihat informasi-informasi smartphone, cuma bedanya kode ini menampilkan informasi yang lebih lengkap. Dengan kode ini juga, kita bisa tes kondisi hardware loh!. Oiya, kode ini udah gue coba di handphone gue sendiri, berikut penampakannya.

hardware test xiaomi

doc pribadi

Nah, itu dia beberapa kode rahasia yang bisa pembaca coba di smartphone android ente masing-masing, kalau gak punya android bisa coba pinjem android punya teman buat nyoba kode kode diatas, hahaha. Beberapa kode mungkin gak berfungsi di smartphone merek tertentu. Eits, tapi itu bukan berarti smartphone kalian palsu yah. Kadang merek tertentu punya kode rahasia mereka sendiri. Sekian dulu, sampai jumpa!.

Tags: #Tips Android

Leave a reply "Pengguna Android Wajib Tau Kode Rahasia Ini"

Author: 
author
Just an Indonesian blogger and he will rule the world!