5 Tips Cara Hemat Memori Internal Smartphone

141 views

Pernah gak sih ngerasain tiba-tiba hp yang kita pake jadi berat, lelet, dan lambat waktu buka banyak aplikasi, atau pas waktu mau install aplikasi baru tapi malah gak bisa. Nah, kalau smartphone ente udah mengalami gejala-gejala yang gue sebutin diatas, itu tandanya memori internal smartphone ente udah hampir habis atau bahkan udah habis gak tersisa ruang kosong lagi.

tips cara hemat memori internal

image by gadgethacks.com

Tapi tenang, gue punya beberapa tips cara menghemat penggunaan memori internal smartphone biar gak gampang habis, jadi tips-tips yang bakal gue jabarin dibawah ini berfungsi memaksimalkan penggunaan memori internal smartphone. Tentunya sangat berguna buat pembaca Alif Abianda Blog yang punya smartphone dengan memori internal yang gak begitu besar tapi pengen install banyak aplikasi atau pengen menyimpan lebih banyak foto atau video didalem handphone. Langsung aja, ini dia 5 tips cara menghemat memori internal smartphone yang bisa ente praktekin langsung.

Tips cara menghemat penggunaan memori internal smartphone

1. Hapus pesan lama

Pesan singkat atau sms memang cuma menggunakan sedikit memori internal, tapi sadar gak sih, kalau dikumpulin sampai ribuan pesan lama-lama bakal jadi banyak juga. Mungkin total size nya gak begitu terasa, tapi mungkin bakal berimbas ke proses kerja smartphone yang jadi lelet karena ketika kita buka aplikasi pesan, maka smartphone akan memuat dan menampilkan ribuan pesan tadi sekaligus dan sudah jelas akan bikin kinerja handphone jadi lambat. Nah, jadi mulai sekarang hapusin deh sms-sms lama dari mantan yang kiranya udah gak penting lagi, selain bikin memori internal jadi hemat, ente juga jadi bisa cepet move on loh, eh (-_-).

Baca Juga  5 Tips Cara Maksimalkan Google Chrome di Android

2. Kurangi kualitas foto dan video

tips cara hemat memori internal

doc pribadi

Semakin tinggi ukuran pixel kamera, maka akan semakin jernih hasil foto atau video yang ditangkap oleh kamera, tapi tentu saja ukuran file nya akan membengkak. Gue udah ngerasain sendiri soalnya, hp gue punya kamera belakang 13 megapixel, dan kalo ngambil satu foto full HD itu ukurannya bisa sampe 3 MB lebih, kebayang kan kalo misal didalem handphone ada 1000 atau 2000 foto, bisa-bisa memori internal bakal habis cuma buat nampung foto yang ukurannya bejibun. Tips cara mengatasinya gampang, ente tinggal ubah kualitas foto atau video dari high menjadi medium atau bahkan low. Emang sih, kualitas gambar yang dihasilkan gak sebagus kalau kita setting di high atau full HD, tapi seenggaknya tips ini bisa ente coba kalau memori internal udah tinggal sedikit lagi tapi masih banyak yang pengen di foto.

3. Backup otomatis di cloud

Kalau ente gak suka mengurangi kualitas kamera karena bakal berimbas ke hasil foto, backup otomatis di cloud bisa menjadi solusinya, maksudnya ketika ente mengambil gambar atau foto, maka secara otomatis foto tadi bakal terunggah ke penyimpanan di internet. Jadi foto yang tersimpan di handphone ente bisa langsung dihapus dan efeknya tentu aja bikin penggunaan memori internal jadi irit. Untuk bisa backup otomatis kaya gini, ente bisa gunakan bantuan aplikasi IFTTT (If This Then That). Jadi kalau pakai aplikasi ini ente gak perlu backup manual satu persatu, semuanya langsung otomatis. Untuk aplikasinya sendiri bisa ente cari di Google Playstore.

Baca Juga  Touchscreen Android Macet dan Error?, Coba 7 Cara Ini

4. Bersihkan cache aplikasi

bersihkan cache aplikasi agar memori internal tidak penuh

doc pribadi

Aplikasi-aplikasi yang kita gunakan di smartphone bakal meninggalkan jejak atau bahasa teknologi nya cache. Sekedar info nih buat yang belum tau cara kerja cache. Jadi misal ente buka aplikasi Facebook di smartphone ente, secara otomatis handphone akan menyimpan jejak-jejak aplikasi Facebook dan disimpan di internal memori. Nah, ketika aplikasi ditutup, dan 2 jam kemudian ente buka lagi aplikasi Facebook, maka proses membuka aplikasinya akan lebih cepat dibanding pertama kali dikarenakan sudah terdapat cache yang disimpan di internal memori. Lama kelamaan cache ini akan menumpuk bahkan bisa sampai ber-giga-giga ukurannya jika gak pernah kita bersihkan loh, apalagi kalau ente punya atau pakai banyak aplikasi di smartphone ente. Liat aja digambar screenshot punya gue, itu cuma pemakaian sekitar 4 hari, cache yang tersimpan di internal memori udah 700 MB-an. Jadi, cache aplikasi-aplikasi ini wajib dibersihkan minimal seminggu sekali agar memori internal jadi fresh kembali.

cara membersihkan cache aplikasi smartphone manual tanpa aplikasi

doc pribadi

Untuk cara membersihkan cache di smartphone sendiri bisa dilakukan secara manual tanpa aplikasi atau bisa juga menggunakan aplikasi seperti CCleaner. Untuk cara manual, ente bisa masuk ke setting, lalu pilih storage, tunggu hingga ponsel menghitung jumlah pemakaian memori, kemudian pilih “cached data“, akan muncul jendela konfirmasi penghapusan cache, pilih ok, tunggu sebentar dan cache aplikasi sudah terhapus dari internal memori ente.

5. Manfaatkan aplikasi streaming

Sekarang udah banyak aplikasi streaming yang menyediakan banyak pilihan lagu yang bisa kita dengerin atau bahkan film yang bisa ditonton langsung tanpa perlu disimpan di memori handphone. Ini bisa jadi salah satu solusi buat ente yang punya smartphone dengan memori internal kecil tapi pengen bisa muter banyak lagu. Selain itu juga, lagu atau film yang ente putar itu bukan bajakan loh!. Jadi, internal memori smartphone ente bisa dialokasikan buat menyimpan file-file penting lain. Jangan lupa pantau kuota internet ya kalau lagi streaming, jangan sampe keasyikan terus lupa diri, hahaha.

Baca Juga  Bermain Game Online, Pahami Dampak Positif dan Negatifnya!

Itulah 5 tips dan cara menghemat memori internal smartphone yang bisa pembaca Alif Abianda Blog langsung bisa praktekan di handphone masing-masing. Oiya, kalau ente pake android, cara-cara diatas bisa ente lakukan tanpa perlu root android ente loh!, jadi gampang kan. Sekian dulu, selamat malam.

Tags: #Tips Android #Tips Smartphone

Leave a reply "5 Tips Cara Hemat Memori Internal Smartphone"

Author: 
author
Just an Indonesian blogger and he will rule the world!