5 Tips Cara Maksimalkan Google Chrome di Android

315 views

Alif Abianda Blog – Browser yang satu ini adalah salah satu aplikasi wajib yang sudah sangat familiar buat para pembaca Alif Abianda Blog yang smartphone nya menggunakan sistem operasi Android. Ya, apalagi kalo bukan Chrome. Aplikasi ini sangat populer dikalangan pengguna yang sering menjelajah internet di smartphone karena tampilan website yang diakses menggunakan Chrome menjadi sangat baik dan halus.

cara maksimalkan kinerja google chrome di android

image from http://zdnet2.cbsistatic.com

Tapi, tidak semua pengguna Android yang menggunakan Chrome tau loh cara agar Chrome bisa bekerja secara maksimal. Padahal, pengalaman menggunakan Chrome bisa menjadi lebih baik kalau kita mau sedikit otak-atik. Jadi, gimana sih cara memaksimalkan aplikasi Google Chrome?.

5 Cara Memaksimalkan Google Chrome di Android

1. Aktifkan Brotli

Program yang fungsi utamanya adalah mengompres data atau memperkecil data dari suatu situs yang kita akses ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015. Dengan berkurangnya ukuran suatu halaman website, maka kita bisa lebih cepat ketika mengaksesnya dan tentunya lebih menghemat waktu, terutama saat koneksi internet sangat lambat. Oiya, program Brotli ini bisa diaktifkan di Windows, Linux, MacOS, dan juga Chrome OS.

cara mempercepat google chrome di android

doc pribadi

Untuk cara mengaktifkan fitur ini, ente harus sedikit masuk ke pengaturan rahasia chrome. Pertama, buka tab baru lalu ketikkan perintah ini di address bar atau tempat memasukkan alamat website.

chrome://flags/#enable-brotli

Nah, setelah terbuka seperti gambar diatas, ubah pengaturan di bagian Brotli Content-Encoding dari Disable ke Default untuk mengaktifkannya. Dengan mengaktifkan fitur ini, ente bisa mengakses internet lebih cepat di Google Chrome.

2. Buat Shortcut Sebuah Situs Web di Homescreen

Kalau pembaca Alif Abianda Blog adalah salah satu orang yang aktif di internet dan sering membuka situs yang sama berkali-kali, mungkin ente mulai sekarang harus mulai mencoba membuat shortcut atau jalan pintas ke situs web favorit ente. Dengan membuat shortcut dan diletakkan di homescreen, tentu ente bakal menjadi lebih cepat dan mudah untuk membuka situs yang ente mau.

Baca Juga  Ada Fitur Rahasia Android Nougat, Benarkah?

Cara membuat shortcut Chrome di Android ini cukup mudah. Buka situs yang mau ente buat shortcutnya di Google Chrome, setelah itu klik menu yang terletak di pojok kanan atas, lalu klik pada menu Add to Home Screen, kembali ke Homescreen ente buat cek apakah situs web favorit kamu udah nongkrong disana.

3. Aktifkan fitur sinkronasi untuk tab dan favorites diberbagai perangkat berbeda

Meskipun sebenarnya fitur ini biasanya sudah tersedia secara default di Google Chrome, tapi ternyata masih banyak pengguna yang belum mencoba memanfaatkan fitur ini atau bahkan gak tau kalau fitur ini ada loh. Padahal, fitur ini sebenarnya sangat berguna buat ente yang menggunakan lebih dari satu perangkat untuk membuka situs yang sama berulang-ulang.

cara mengaktifkan sinkronasi google chrome

image from i-msdn.sec.s-msft.com

Jadi kalau misal ente lagi mengumpulkan bahan materi untuk makalah atau skripsi lewat smartphone tapi males buat copy paste, cukup sinkronkan tab-tab yang terbuka di Google Chrome, lalu ente buka Chrome via PC/Laptop, kemudian sinkronkan dengan cara login dengan akun yang sama seperti yang ente gunakan di smartphone, dan tadaaaa. Pasti semua tab-tab materi yang ente kumpulin bakal muncul semua.

Cara mengaktifkan fitur sinkronasi di Google Chrome terbilang cukup mudah. Pertama, buka pengaturan Chrome lalu cari dan aktifkan ‘Sync’. Kemudian, lakukan hal yang sama pada Laptop atau smartphone, eitsss jangan lupa, gunakan akun yang sama yah seperti yang sudah gue jelasin diatas, supaya nanti semua data penelusuran seperti history browser, dan situs-situs web yang ente simpan bisa diakses via perangkat lain. Gampang kan?.

Baca Juga  4 Game Simulasi Android Terbaik

4. Aktifkan fitur hemat data

Sekarang ini sudah jaman nya internet, dimana orang lebih perduli sama kuota internet ketimbang pulsa, walaupun sebenernya beli kuota juga pake pulsa sih, hahaha. Tapi sebenernya masuk akal juga sih, dengan kuota internet sebesar 1GB yang kita asumsikan seharga 20 ribu rupiah, kita bisa telpon, chatting, browsing, download, video call, dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan kuota 1GB. Tapi, dengan pulsa sebesar 20 ribu, ente bakal cuma bisa sms dan telpon, itu pun ada limitnya, dan juga kalo lawan bicara telponnya beda operator, aduuhhh, 20 ribu mah cuma 10 menit kali. Makanya orang sekarang lebih takut kehabisa kuota ketimbang kehabisan pulsa.

cara mengaktifkan fitur hemat data chrome

image from cdn0.tnwcdn.com

Nah, buat ente para penggila internet gak perlu khawatir kehabisan kuota kalau browsing pake Chrome, Karena Google Chrome punya fitur yang bernama Dara Data Saver, ente para pembaca Alif Abianda Blog pasti tau lah apa artinya, yang jelas dengan fitur ini kita bisa menghemat penggunaan data seluler atau kuota internet kita hampir sekitar 5-10%, itu menurut pengalaman gue sih ya, kecil sih cuma 5%, tapi kalau pemakaian kuota kita misal 1GB perbulan, kita bisa hemat sampai 100Mb, kalo 10GB maka kita hemat 1GB, lumayan kan?.

Cara kerjanya sebenernya cukup sederhana, situs web yang kita akses akan dikompres atau diperkecil ukuran nya sebelum ditampilkan di perangkat kita, jadi misal ukuran web yang kita buka sebesar 1Mb, ketika telah dikompres maka menjadi 800Kb, hal ini tentu menjadikan penggunaan kuota data menjadi lebih hemat. Cara mengaktifkan fitur Data Saver di Google Chrome gampang kok, klik Menu, lalu pilih Setting, kemudian cari menu Data Saver biasanya dibagian bawah, lalu aktifkan.

Baca Juga  5 Fitur Tersembunyi Facebook Messenger

5. Gunakan Fitur Notifikasi Facebook

Fitur ini sangat berguna buat ente yang suka bolak-balik mantengin Facebook siang malem, entah itu sekedar iseng gak ada kerjaan, punya olshop, atau bahkan stalking timeline mantan gebetan, cie cie. Setelah mengaktifkan fitur ini di Chrome, ente gak bakal melewatkan satupun notifikasi yang masuk ke akun Facebook ente, eitss tapi dengan catatan koneksi internet dalam keadaan aktif dan tersambung terus yaa. Fitur ini bisa ente aktifkan ketika membuka Facebook pertama kali.

Biasanya, akan muncul menu Izinkan Facebook Memberi Notifikasi bla bla bla, ente tinggal klik ya/yes untuk mengaktifkan notifikasi dari Facebook.

Itu dia beberapa cara memaksimalkan Google Chrome yang bisa pembaca Alif Abianda Blog coba di smartphone android masing-masing, be a smart netizen and bye bye!.

Tags: #Data Saver #Google Chrome #Tips Android #Tips Facebook

Leave a reply "5 Tips Cara Maksimalkan Google Chrome di Android"

Author: 
author
Just an Indonesian blogger and he will rule the world!