Syarat dan Cara Buka Rekening BCA Lengkap dan Mudah

AlifAbianda.com – Syarat dan cara buka rekening BCA sangat mudah. Ditambah dengan banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kamu peroleh, saat memiliki rekening tabungan BCA. Banyak sekali alternatif tabungan yang bisa kamu gunakan dari rekening BCA, dan disesuaikan lagi dengan kebutuhanmu.

Misalnya aku yang memilih tabungan Xpresi khusus untuk tabungan anak muda, dengan jiwa kreatif dan biaya yang sangat cocok dengan keuangan anak muda.

Syarat dan Cara Buka Rekening BCA yang Lengkap dan Mudah

Kamu juga bisa loh memilih jenis tabungan BCA Dollar. Yang biasanya untuk para nasabah yang ingin menabung dalam mata uang asing. Keuntungan yang akan kamu dapatkan juga banyak banget dari tabungan BCA Dollar. Kalau kamu sudah memutuskan ingin menggunakan jenis tabungan yang mana, kamu harus pahami dulu bagaimana persyaratan serta cara membuat rekening BCA.

Cara Membuka atau Membuat Rekening BCA

Berikut ini beberapa cara yang harus dilakukan dalam membuat rekening BCA yang juga aku lakukan saat akan membuka rekening:

  1. Persiapkan dahulu seluruh dokumen yang menjadi persyaratan dalam membuka rekening BCA. Dokumen tersebut meliputi e-KTP atau paspor, NPWP, serta uang minimal Rp.500.000,- sebagai setoran awal. Kalau kamu belum memiliki NPWP maka tidak apa-apa.

  2. Datang ke kantor bank BCA yang paling dekat dengan tempat tinggalmu, untuk memudahkan jika suatu saat ada keperluan untuk datang ke bank terkait tabungan. Kemudian temui bagian CS atau Customer Servicenya.

  3. Isi formulir pendaftarannya lalu serahkan dokumen persyaratan yang sudah dipersiapkan tadi. Nanti petugas CS akan menjelaskan produk tahapan BCA yang akan kamu pilih, dan mulai memproses pembukaan rekening. Kamu juga bisa sekaligus membuat mobile atau e-banking saat membuat rekening tersebut. Sehingga petugas CS akan langsung memproses semuanya saat itu juga.

  4. Lakukan penyetoran awal sebesar Rp.500.000,- ke bagian teller. Setelah menyetorkan uang tersebut lalu kembali ke CS untuk melakukan proses akhir yaitu menyerahkan buku tabungan, dan kartu ATM BCA.

Biasanya kartu ATM BCA akan langsung aktif dalam waktu 24 jam. Kartu ATMnya sesuai dengan jenis tabungan yang dipilih. Misalnya Gold atau Platinum. Untuk ATM BCA Gold biaya administrasi setiap bulannya adalah Rp.17.000,-. Sedangkan untuk ATM BCA Platinum biaya administrasi setiap bulannya Rp.20.000,-.

Baca Juga:   Syarat dan Cara Buka Rekening BRI Dengan Mudah

Semua produk tahapan BCA memiliki ketentuan yang berhubungan dengan saldo minimum, setoran lanjutan, hingga saldo rata-rata setiap bulannya. Saldo minimum pada tahapan BCA adalah Rp.50.000,- dan biaya tersebut ditahan di ATM dan tak dapat digunakan.
Untuk minimal setor jumlah tabungan di BCA adalah Rp.50.000,- dan rata-rata saldo bulanannya minimal Rp.100.000,-.

Cara Membuka Rekening BCA Melalui KlikBCA Secara Online

Oh ya sebelum datang ke bank, kamu juga bisa membuka rekening BCA secara online melalui website resminya di KlikBCA ya. Berikut ini syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi calon nasabah:

  1. Buka website klikbca.com terlebih dahulu dan pilih Aplikasi Online. Kemudian pilih Tahapan.

  2. Baca seluruh persyaratan dan ketentuannya di sana dan pilih tombol Lanjutkan.

  3. Isi seluruh data yang ada di formulir kemudian Submit. Nanti akan muncul nomor referensi buat kamu di sana.

  4. Setelah itu datang langsung ke bank BCA dengan membawa nomor referensi tersebut dan bawa persyaratan seperti e-KTP atau paspor, NPWP, dan sebagainya.

  5. Lalu proses selanjutnya seperti yang telah dijelaskan di atas tadi.

Jenis-jenis Produk Tahapan BCA yang Bisa Kamu Pilih

Bagi setiap nasabah yang membuka rekening di bank BCA secara otomatis akan mendapat ATM BCA yang disebut dengan paspor BCA. Berikut ini jenis produk tabungan BCA yang bisa kamu pilih:

1. Tahapan BCA

Adalah produk tabungan BCA yang memberi banyak kemudahan untuk nasabahnya untuk setiap transaksi perbankan. Syarat dalam membuka tabungan tahapan BCA adalah:

  1. Calon nasabah merupakan badan/perusahaan atau perorangan.

  2. Isi dan tanda tangani formulir permohonan dalam membuka rekening BCA.

  3. Membawa identitas diri yang lengkap dan NPWP.

  4. Setoran awal minimalnya Rp500.000,- dan selanjutnya minimal Rp.50.000,-.

  5. Biaya pembuatan kartu adalah Rp.15.000,-

Jenis kartu ATM yang bisa digunakan dari produk tahapan BCA diantaranya yaitu paspor BCA Silver, Gold, dan Platinum.

Baca Juga:   10 Jenis Rekening, Syarat Dan Cara Buka Rekening Mandiri

2. Tahapan Xpresi

Adalah jenis tabungan di BCA khusus untuk kamu yang masih muda dan dinamis. Tanda dari produk tabungan ini adalah desain kartunya sangat apik dengan warna menarik. Aku juga pilih tahapan Xpresi ini loh. Persyaratan pembuatannya yaitu:

  1. Usia calon nasabah harus lebih dari 12 tahun ke atas.

  2. Isi dan tanda tangan formulir serta melengkapi dokumen.

  3. Setoran awalnya minimal Rp.50.000,- seroran minimal lanjutannya pun sama.

  4. Bagi nasabah perorangan tak perlu memakai joint account.

  5. Saldo minimum yang ditahan sebesar Rp.10.000,-.

  6. Biaya pembuatan kartu sebesar Rp.25.000,-.

  7. Untuk tahapan ekspresi tidak perlu memakai buku tabungan.

  8. Design kartu bisa dipilih sesuka hati.

3. Simpanan Pelajar

Merupakan jenis tabungan khusus untuk anak-anak sekolah mulai dari PAUD, SD, SMP, dan SMA yang usianya 17 tahun serta belum mempunyai KTP. Syarat untuk membuka tabungan ini adalah:

  1. Akte kelahiran dan KK.

  2. Kartu identitas dari orang tua anak.

  3. Kartu pelajar anak jika ada.

  4. NPWP orang tua jika ada.

  5. Isi formulir data nasabah perorangan.

  6. Setoran awalnya minimal Rp.5000,-

Terdapat tambahan persyaratan untuk anak yang usianya lebih dari 17 tahun yaitu:

  1. Kartu pelajar atau surat keterangan dari sekolah.

  2. Surat pernyataan dari orang tua.

Nasabah akan mendapat ATM BCA dengan maksimal pengambilan uang sebesar Rp.7.000.000,- dan jumlah maksimal transfer sebesar Rp.25.000.000,-.

Baca Juga:   10 Jenis Rekening, Syarat Dan Cara Buka Rekening Mandiri

3. Tahapan Gold

Merupakan jenis tabungan dari BCA yang juga akan memudahkanmu dalam melakukan segala macam transaksi bisnis. Tabungan ini akan membantu kelancaran bisnis karena bisa dipakai selama 24 jam.
Syarat dalam membuka tabungan tahapan Gold yaitu:

  1. Nasabah adalah perorangan atau yayasan.

  2. Mengisi dan menandatangani formulir permohonan dalam pembukaan rekening.

  3. Membawa identitas diri dan NPWP.

  4. Setoran awalnya minimal Rp.10.000.000,- dan saldo minimum yang ditahan yaitu Rp.50.000,-

4. Tapres BCA

Merupakan jenis tabungan BCA yang memberi keuntungan dan manfaat berlebih dari para nasabahnya. Tapres BCA juga akan memberi suku bunga yang lebih serta telah dilengkapi dengan fasilitas dari e-banking BCA. Tapres BCA memakai kartu tapres yang menjadi tanpa pengenal dan rekening koran, yang menjadi laporan keuangan yang sifatnya pribadi. Jadi kamu gak perlu punya tabungan kalau memilih tapres ini.

Tabungan dari tapres bisa dimiliki oleh WNI yang usianya sudah lebih dari 17 tahun. Pembuatan kartunya akan dikenakan biaya sebesar Rp.15.000,- dengan pilihan kartu Gold, Silver atau Platinum.

Biaya administrasinya sama saja dengan biaya pada paspor BCA. Setelah mengetahui persyaratan dan cara membuat rekening BCA, kamu bisa tentukan lagi jenis tabungan apa yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga segala jenis transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan efisien.

error: Content is protected !!