Syarat dan Cara Buka Rekening BRI Dengan Mudah

AlifAbianda.com – Di masa sekarang, hampir semua orang membutuhkan rekening pribadi, tidak hanya orang dewasa atau yang sudah bekerja, anak-anak usia sekolah pun bisa dengan mudah memiliki rekening. Terlebih dengan persyaratan pembuatan rekening yang terbilang mudah, tidak menutup kemungkinan kalau satu orang bisa memiliki lebih dari satu nomor rekening, itupun bahkan menggunakan bank yang berbeda-beda.

Memiliki lebih dari satu rekening juga memungkinkan kita bisa mengatur keuangan menjadi lebih mudah. Kita bisa menggunakan satu rekening untuk pengeluaran harian, dan rekening lainnya untuk menabung atau menyimpan dana darurat.

cara membuat rekening bri mudah

Buat kamu yang belum punya rekening BRI dan berencana untuk membuat rekening BRI, silahkan disimak terus artikel ini sampai selesai. Karena aku sendiri bahkan punya 3 (tiga) rekening pribadi di bank BRI.

Keuntungan Pakai Rekening BRI

Bank BRI saat ini menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia, hal ini terbukti dari banyaknya kantor cabang atau unit yang dapat kita temukan sampai ke pelosok pedesaan, ATM nya pun tersedia dimana-mana.

Mulai dari mall, supermarket, minimarker, bahkan dipinggir jalan pun selalu kita temukan ATM BRI, apalagi saat inipun masyarakat bisa menjadi mitra bank BRI yang dinamakan BRILink, pelayanannya pun sama seperti ATM biasa, bisa transfer, tarik tunai, bayar tagihan, beli pulsa dan masih banyak lagi. Ini menjadi salah satu keuntungan apabila kita memiliki rekening di bank BRI.

Selain itu, biaya administrasi bulanannya terbilang cukup murah dibandingkan bank lain, yaitu mulai dari 5 ribu rupiah saja. Keuntungan lainnya yaitu:

1. Asuransi kecelakaan dengan nilai pertanggungan sebesar 250% dari saldo terakhir maksimal 150 juta, dengan syarat minimal saldo terakhir 500 ribu rupiah.

2. Kartu Debit (kartu ATM).

3. Fasilitas E-Banking BRI seperti sms banking, internet banking, mobile banking.

4. Transaksi otomatis yang terjadwal.

5. Mendapat berbagai promo di merchant yang bekerjasama dengan BRI.

6. Kemudahan bertransaksi di 22 ribu ATM BRI dan 10 ribu unit kantor BRI di Indonesia.

Jenis-jenis Rekening Tabungan BRI

Disamping biaya administrasi yang murah, BRI juga memiliki berbagai jenis tabungan yang memiliki beragam keuntungan sesuai jenis produknya, Secara umum jenis tabungan BRI antara lain:

1. BRItama.

2. Simpedes.

3. Tabungan Haji.

4. Junio.

Dari ke empat produk tersebut, semua memiliki kelebihan masing-masing. Misalnya rekening BRI Simpedes memiliki kelebihan bisa melakukan transaksi setiap saat serta jumlah pengambilannya tidak dibatasi selama saldonya cukup. Kalau rekening BRItama kelebihannya adalah fasilitas E-Banking dan sistem real time online yang membuat kita dapat bertransaksi kapanpun dan dimanapun, selain itu limit transaksi melalui E-Banking nya lebih besar ketimbang BRI Simpedes.

Untuk rekening tabungan haji kelebihannya adalah bebas biaya administrasi, selain itu mendapat asuransi jiwa dan kecelakaan dengan nilai klaim sebesar 120% dari saldo rekening tabungan. Sedangkan untuk rekening tabungan Junio kelebihannya adalah selain kita mengajarkan anak untuk menabung, biaya administrasi bulanannya gratis apabila dibawah 12 tahun, dan biaya ATM yang hanya 500 rupiah saja.

Syarat Membuka Rekening BRI Baru

Antara jenis tabungan yang satu dan yang lain syarat pembuatannya tidak terlalu jauh berbeda, biasanya yg membedakan adalah jumlah setoran awalnya, untuk lebih jelasnya simak dibawah ini:

Syarat membuat rekening BRI BRItama

1. Kartu Tanda Pendudukan (KTP) dan NPWP untuk WNI, apabila belum memiliki NPWP maka harus mengisi lembar pernyataan. Untuk WNA menggunakan Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS.

2. Usia minimal 17 tahun.

3. Setoran awal minimal 250 ribu rupiah apabila akan menggunakan kartu Classic, dan 500 ribu rupiah jika ingin kartu Gold. Perbedaan antara kartu Classic dan kartu Gold terletak pada jumlah limit transaksi dimana lebih besar kartu Gold, dan juga biaya bulanan yang sedikit lebih mahal kartu Gold.

4. Setoran selanjutnya minimal 10 ribu rupiah.

Syarat membuat rekening BRI Simpedes

1. Kartu Tanda Pendudukan (KTP) dan NPWP untuk WNI, apabila belum memiliki NPWP maka harus mengisi lembar pernyataan. Untuk WNA menggunakan Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS.

2. Usia minimal 17 tahun.

3. Setoran awal minimal 100 ribu rupiah. Khusus untuk rekening BRI Simpedes menggunakan kartu ATM private label dimana kartu tersebut hanya bisa digunakan di merchant yang bekerja sama dengan BRI atau di mesin EDC milik BRI. Tapi jangan khawatir, kartu ATM BRI Simpedes tetap dapat digunakan di seluruh ATM sama seperti rekening Britama.

4. Setoran selanjutnya minimal 10 ribu rupiah.

Syarat membuat rekening tabungan haji

1. Kartu Tanda Pendudukan (KTP) dan NPWP untuk WNI, apabila belum memiliki NPWP maka harus mengisi lembar pernyataan. Untuk WNA menggunakan Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS.

2. Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening haji.

3. Setoran awal minimal 50 ribu rupiah.

4. Setoran selanjutnya minimal 25 ribu rupiah dan tanpa biaya administrasi bulanan.

Syarat membuat rekening tabungan Junio

Usia nasabah dibawah 12 tahun

1. Apabila calon nasabah berusia kurang dari 12 tahun, maka orang tua harus memiliki rekening BRI terlebih dahulu. Bisa Simpedes ataupun Britama.

2. Dokumen untuk orang tua WNI berupa KTP dan NPWP, apabila WNA maka menggunakan Paspor dan KIMS/KITAS/KITAP.

3. Fotokopi kartu keluarga atau akte kelahiran anak.

4. Setoran awal rekening orang tua sebesar 250 ribu rupiah dan rekening Junio sebesar 100 ribu rupiah.

Usia nasabah lebih dari 12 sampai 17 tahun

1. Memiliki kartu pelajar (SMP dan SMA sederajat).

2. Fotokopi kartu pelajar dan aslinya.

3. Surat pernyataan yang ditandatangani orang tua yang berisi mengetahui dan menyetujui pembukaan rekening BRI.

3. Setoran awal sebesar 150 ribu rupiah.

4. Setoran selanjutnya minimal 10 ribu rupiah.

Tata Cara Membuat Rekening BRI

Setelah menentukan jenis tabungan mana yang kan dibuat, sekarang saat nya mengetahui langkah-langkah cara membuat rekening BRI:

1. Siapkan dokumen-dokumen persyaratan yang diperlukan.

2. Silahkan datang ke kantor BRI terdekat.

3. Kalau bingung, silahkan tanya kepada satpam di pintu masuk, sampaikan maksud kalau akan membuat rekening baru.

4. Kamu akan diarahkan untuk mengambil nomor antrean untuk ke bagian customer service.

5. Tunggu sampai giliran kita, ketika sudah dipanggil sampaikan maksud untuk pembuatan rekening baru.

6. Isi formulir yang diberikan oleh petugas, ketika sudah selesai silahkan tunggu.

7. Setelah proses pembukaan rekening baru sudah selesai, kamu akan dapat buku tabungan dan juga kartu ATM baru yang bisa langsung kamu gunakan untuk bertransaksi.

Kita juga bisa langsung membuat akun untuk Internet Banking atau Mobile Banking pada saat membuka rekening baru, tinggal sampaikan kepada petugas lalu akan dibantu pembuatannya.

Cukup mudah kan persyaratan dan cara membuka rekening BRI baru, selain banyak pilihan jenis tabungan, kita juga bisa langsung mengaktifkan Mobile Banking/Internet Banking agar bisa bertransaksi dimana saja dan kapan saja.

error: Content is protected !!