Syarat, Tips dan Cara Daftar Kartu Prakerja Lengkap

AlifAbianda.com – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia telah meluncurkan program baru untuk masyarakat yaitu Kartu Prakerja.

syarat, tips lolos, dan cara daftar kartu prakerja

Siapa sih sasaran dari program ini?, apasih isi programnya?, serta bagaimana cara mendaftar dan mendapatkan kartu pra kerja, akan dibahas secara lengkap disini.

Apa itu Kartu Prakerja?

Program kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja. Jadi, kamu bakal diberi modal oleh pemerintah untuk mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan yang berguna dan tentu saja kamu bakal mendapatkan sertifikat di akhir pelatihan.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Sebelum mendaftar program kartu Prakerja secara online, kamu harus tau dulu apa saja persyaratan yang dibutuhkan agar lolos seleksi dengan mulus.

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Berusia setidaknya 18 tahun (sudah punya KTP)

3. Sedang tidak bersekolah/kuliah/menempuh pendidikan lainnya.

Nah, itu dia persyaratan umum sebelum mendaftar kartu Prakerja. Tapi biasanya akan muncul pertanyaan lain. Apakah harus menganggur agar bisa ikut program kartu Prakerja ini?.

Pada awalnya, kartu Prakerja ini diprioritaskan untuk pengangguran muda, namun saat ini pekerja yang baru saja terkena PHK, pekerja yang butuh peningkatan kompetensi kerja dan keahlian,dan orang yang tidak menempuh pendidikan formal juga bisa ikut mendaftar.

Baca Juga:   Syarat, Biaya dan Cara Membuat/Memperpanjang SKCK Lengkap

Tata Cara Daftar Kartu Prakerja

Setelah syarat-syarat diatas terpenuhi, bagaimana cara mendaftar kartu prakerja?

1. Buka website kartu Prakerja di https://www.prakerja.go.id pastikan kamu punya koneksi internet yang stabil ya.

2. Klik daftar. Setelah terbuka, masukkan email kamu yang masih aktif, lalu buat kata sandi/password yang terdiri dari kombinasi huruf kecil, kapital, dan jangan lupa beri angka di passwordnya. Setelah itu centang di bagian saya menyetujui syarat dan ketentuan, lalu klik Daftar.

3. Buka email yang kamu masukkan saat mendaftar tadi, cek di bagian kotak masuk/inbox. Cek apakah ada email baru dari website kartu Prakerja, biasanya hanya hitungan detik sampai menit. Jika sudah ada, klik di bagian verifikasi email dan tadaaaaa, kamu akan dialihkan kembali ke website kartu Prakerja dan ada notifikasi bahwa email telah terverifikasi.

4. Setelah kamu punya akun di website kartu Prakerja, langkah selanjutnya adalah verifikasi akun kamu supaya lengkap dan bisa diproses ketahap selanjutnya. Buka https://dashboard.prakerja.go.id/masuk. Setelah itu, masukkan email dan password kamu, lalu klik Login.

5. Siapkan KTP, karena ditahap ini kamu butuh NIK/nomor KTP, foto KTP, foto kamu sama KTP, pokoknya siapin KTP deh, jan banyak nanya. Setelah memasukkan nomor KTP dan tanggal lahir kamu, lalu klik Lanjutkan.

6. Silahkan isi formulir data diri kamu sesuai KTP ya, mulai dari nama lengkap, alamat, jenis kelamin, pendidikan terakhir, status pekerjaan, dan dibagian terakhir kamu masukkan foto KTP mu dan juga foto kamu lagi megang KTP. Setelah itu klik Lanjutkan lagi.

Baca Juga:   Syarat dan Cara Membuat NPWP Dengan Mudah (Online & Offline)

7. Ditahap ketujuh, kamu akan disuruh memasukkan nomor telepon pribadi, jangan nomor mantan, karna nanti sms verifikasinya masuk ke hp mantan. Ingat, masukkan nomor telepon pribadi, lalu klik Kirim. Tunggu beberapa saat sampai SMS kode verifikasi OTP nya masuk, lalu klik Verifikasi.

8. Akun Prakerja mu udah jadi dan terverifikasi nih. Selanjutnya kamu disuguhin beberapa pertanyaan semacam survey, jawab dengan jujur dan benar ya. Pas udah selesai, klik Oke.

9. Sebelum bisa ikut seleksi, kamu harus mengikuti Tes Motivasi & Kemampuan Dasar terlebih dahulu. Soal tes berjumlah 18 soal yang terdiri dari soal operasi matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan non-sastra yang harus dikerjaan dalam waktu maksimal 25 menit. Pastikan koneksi internet kamu lancar dan stabil, jangan lupa siapkan alat bantu coret-coret seperti kertas dan pulpen/pensil supaya lebih cepat menyelesaikan soalnya. Jika sudah siap, klik Mulai Tes Sekarang.

10. Setelah tes selesai, hasil tes kamu bakal dinilai dulu ya, tunggu beberapa saat kurang lebih 5 menit lah, kalau sudah 5 menit belum muncul juga klik Refresh.

11. Jika sudah selesai, kamu bisa langsung Ikut Seleksi yang tersedia dengan cara klik Gabung di gelombang yang kamu mau. Pendaftaran selesai!, kamu tinggal tunggu hasil seleksinya yaa.

Cara Cek Status Seleksi/Pendaftaran

Nah, bagaimana caranya kamu tau kalau kamu lolos seleksi?. Pada tanggal pengumuman seleksi gelombang, silahkan login kembali di website kartu Prakerja lalu cek di Dashboard kamu. Apabila kamu dinyatakan lolos seleksi, maka kamu akan mendapat notifikasi melalui sms, di Dashboard ini juga kamu dapat melihat nomor kartu Prakerja mu dan juga saldo yang tersedia.

Baca Juga:   Syarat, Biaya dan Cara Membuat/Memperpanjang SKCK Lengkap

Jika tidak lolos, kamu juga akan melihat pemberitahuannya di Dashboard akunmu. Kamu bisa mengikutin seleksi gelombang lain yang tersedia.

Tips Lolos Seleksi Kartu Prakerja

Tidak ada tips khusus untuk bisa lolos seleksi kartu Prakerja, yang bisa kamu lakukan adalah teliti saat mengisi formulir data pribadi. Pastikan kamu mengisinya dengan lengkap ya, jangan sampai ada yang salah dan tertinggal.

Selain itu, maksimalkan kemampuan kamu saat mengikuti Tes Motivasi & Kemampuan Dasar, karena ini merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi hasil seleksi nantinya. Jika ada yang masih ingin kamu tanyakan, silahkan kunjungi website kartu Prakerja di https://www.prakerja.go.id/faq. Disana kamu akan menemukan solusi untuk berbagai pertanyaan kamu. Sekian, semoga beruntung!.

error: Content is protected !!